Thursday, February 15, 2018

KELAS SCAPHOPODA : Dentalium sp.

A. Klasifikasi
Berikut adalah klasifikasi dari genus Dentalium :
Kingdom : Animalia
Filum : Mollusca
Kelas : Scaphopoda
Ordo : Dentaliida
Famili : Dentaliidae
Genus : Dentalium
(Steiner & Dreyer, 2002)

B. Morfologi Dentalium sp.
Sumber gambar : zaifbio.blogspot.com


Kerang gading (tusk shells) atau kerang gigi (tooth shells) merupakan sebutan bagi kelas dari filum moluska yang bernama scaphopoda. Scaphopoda merupakan anggota dari kelompok moluska lautan dengan distribusinya yang tersebar di seluruh dunia, serta satu-satunya kelompok moluska laut yang hidupnya infaunal (berada di dalam substrat). Ukuran dari spesies ini memiliki panjang berkisar antara 0.5 - 15 cm. Anggota dari ordo Dentaliida biasanya memiliki ukuran lebih besar dibandingkan ordo Gadilida. Jenis moluska ini hidup di dalam substrat lembut di lepas pantai (biasanya tidak di wilayah intertidal). Akibat habitatnya yang tersembunyi di dalam substrat dan ukurannya yang kebanyakan kecil, cukup sulit menemukannya secara langsung. Nama ilmiah dari genus ini muncul dari bahasa Latin “dentis” yang berarti “gigi”, berdasarkan bentuk cangkang yang menyerupai gigi (Kozloff, 1996).

C. Anatomi



Sumber gambar : www.ucmp.berkeley.edu

Kelompok Dentalid memiliki cangkang yang bergaris-garis dan lebih kasar dibandingkan kelompok scaphopoda lainnya. Pada saat mereka merasakan getaran disekitar mereka, respon pertahanan diri mereka adalah dengan diam membeku. Hal ini membuat mereka sangat sulit dideteksi oleh hewan lain seperti ratfish yang mampu merasakan sinyal alektrik yang diberikan oleh pergerakan otot (Kozloff, 1996).
Mantel scaphopoda sepenuhnya berada di dalam cangkang. Kakinya memanjang keluar melalui ujung cangkang yang lebar (bagian yang tenggelam di substrat). Posisi scaphopoda itu sendiri menunduk menuju substrat, dengan bagian apikal (bagian belakang) menghadap ke atas. Bagian ujung yang lebar tersebut sangat jarang muncul di permukaan substrat (Steiner & Dreyer, 2002).
Air memasuki rongga mantel melalui aperture apikal, dan menguar di sepanjang permukaan tubuh oleh silia.Mereka tidak memiliki insang, seluruh permukaan dari rongga mantel dapat menyerap oksigen dari perairan.. Berbeda dengan moluska lainnya, tidak ada aliran air yang kontinu dengan aliran exhalant terpisah. Sebaliknya, air terdeoksigenasi dikeluarkan dengan cepat kembali melalui aperture apikal melalui aksi otot sekali setiap 10-12 menit (Kozloff, 1996).
Sejumlah tentakel di sekitar kaki, disebut captacula, menyaring sedimen dan mengikat potongan-potongan makanan lalu memasukkannya ke mulut. Mulutnya memiliki grinding radula yang menghancurkan makanan menjadi ukuran yang lebih kecil untuk pencernaan. Mulut radula dan pendukungnya bekerja dengan menarik mangsa ke dalam esophagus (Shimek, 1990). Radula besar yang terdapat pada scaphopoda merupakan organ terbesar yang relatif terhadap tubuh dibandingkan dengan moluska lain. Organ lainnya dari sistem pencernaan scaphopoda terdiri dari pencernaan divertikulum, kerongkongan, lambung, dan usus. Sebuah kelenjar pencernaan menyekresikan enzim ke dalam perut, namun berbeda dengan jenis moluska lainnya, hal itu tidak mencerna makanan mereka secara langsung. Bagian anus terbuka di bagian ventral dari hewan ini, kasarnya organ ini berada di tengah mantel cavity (Barnes & Edward, 1994).
Sistem peredaran darah scaphopoda adalah rudimentary, dengan tidak adanya jantung dan pembuluh darah. Darah darah diadakan di sinus seluruh rongga tubuh, dan dipompa melalui tubuh oleh aksi ritmik dari kaki. Hasil metabolik diekskresikan melalui sepasang nefridia yang berada dekat dengan anus (Steiner & Dreyer, 2002).
Sistem saraf pada scaphopoda relatif sama dengan gastropoda. Sepasang ganglia cerebral dan pleural terbaring dekat dengan esofagus dan dekat dengan otak. Seperangkat pedal ganglia terbaring di kaki, dan sepasang ganglia visceral diatur lebih jauh berada di belakang tubuh. Scaphopoda tidak memiliki mata, atau organ sensorik lainnya (Kozloff, 1990).



D. Reproduksi
Scaphopods memiliki jenis kelamin terpisah, dan fertilisasi secara eksternal. Mereka memiliki gonad tunggal yang umumnya berada di bagian posterior tubuh, dan bereproduksi dengan cara menumpahkan gamet mereka ke air melalui nefridium (Grzimek et al., 2003).
Setelah fertilisasi, telur-telurnya menjadi trochophore larva yang hidup bebas, yang berkembang menjadi larva veliger yang lebih mirip dengan scaphopoda dewasa, hanya saja tidak memiliki elongasi ekstrim seperti tubuh scaphopoda dewasa (Steiner & Dreyer, 2002).

E. Habitat dan Penyebaran
Dentalium hidup di dalam sedimen laut sama seperti scaphopoda pada umumnya. Memakan organisme mikroskopik, dan terkadang memakan zooplankton dan materi-materi kecil. Scaphopoda merupakan anggota dari kelompok moluska lautan dengan distribusinya yang tersebar di seluruh dunia, serta satu-satunya kelompok moluska laut yang hidupnya infaunal (berada di dalam substrat) (Kozloff, 1990).

F. Penggunaannya oleh Manusia
Oleh bangsa Amerika asli, cangkang dari Dentalium neohexagonum telah diketahui digunakan sebagai bentuk mata uang oleh bangsa Shumash pada sekitar tahun 1000 M. Pada abad ke-18, dalam ilmu pengobatan pra modern, cangkang Dentalium dianggap secagai sumber alkali. Cangkang digunakan untuk tujuan ini berdasarkan Joseph Pitton de Tournefort di London pada abad ke-18 dan dideskripsikan sebagai "berbentuk tabung, atau bentuk kerucut, sekitar 3 inci panjangnya; bersinar, putih kehijau-hijauan; berongga; bercahaya, dan dibagi memanjang oleh garis paralel, berjalan dari atas ke bawah. Ini adalah tentang ketebalan bulu, dan memiliki beberapa kemiripan dengan gigi taring". Ciri-ciri cangkang tersebut mengacu pada spesies Dentalium elephantinum or Dentalium aprinum, keduanya berukuran besar dan kehijauan serta hidup di wilayah Indo-Pasifik. Perkiraan lainnya adalah cangkang dari spesies lain yaitu Dentalium entale, yang dapat ditemukan di Britania Raya (Grzimek et al., 2003).



DAFTAR PUSTAKA

Barnes, R.D. & Edward E.R. 1994. Invertebrate Zoology 6th Edition Saunders USA : College Publishing.
Grzimek, B., N. Schlager, & D. Olendorf. 2003. Grzimek's Animal Life Encyclopaedia. Thomson Gale.
Kozloff, E. N. 1990. Invertebrates. Saunders College.
Kozloff, E. N. 1996. Marine Invertebrates of the Pacific Northwest. 2nd. Seattle: University of Washington Press
Shimek, R. L. 1990. Diet and habitat utilization in a Northeastern Pacific Ocean scaphopod assemblage. American Malacological Bulletin, 7: 147–169.

Steiner, G. & H. Dreyer. 2002. Molecular phylogeny of Scaphopoda (Mollusca) inferred from 18S rDNA sequences: support for a Scaphopoda–Cephalopoda clade. Zoologica Scripta, 32 : 343-356.

1 comment: